Unknown


Sekolah yang berkualitas merupakan sekolah yang dapat meluluskan peserta didik yang dapat mengembangkan bakat, minat, dan  potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Bayak sekali sekolah-sekolah yang dibangun dinegeri ini, dari sekian banyaknya sekolah yang dibangun yang terdiri dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, kualitas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik masih minim dijumpai. Bayak sekali potensi-potensi yang dimiliki peserta didik itu tidak bisa di kembangkan dengan baik, karena minimnya suatu tindakan dari sekolah-sekolah yang kurang dapat mengerti dan kurangnya memberikan peluang untuk peserta didik dalam mengembangkan potensinya.
Kesuksesan dari peserta didik ini bukan haya tergantung oleh peserta didik saja, akan tetapi fasilitas sekolah yang mendukung semua kegiatan pembelajaran itu pun bisa mempengaruhi kesuksesan dari peserta didik. Akan lebih baik fasilitas- fasilitas yang ada disekolah  tersebut dapat menampung atau mendukung dari bakat dan potensi dari peserat didik. Selain itu peran dari seorang guru sangat penting, yang mana bertindak sebagai sumber daya manusia yang menjembati ilmu pengetahuan serta teknologi yang harus ditransfer kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat, minat serta potensi yang dimiliki peserta didik itu sendiri. Maka dari itu fasilitas pendidikan dan pendidik yang dapat mengembangkan kompetensinya sehingga dapat memberikan peluang untuk peserta didik dalam upayanya memupuk bakat, minat, potensi dan kecakapan yang harus dikuasai, selain itu  peserata didik memiliki kualitas pendidikan yang berkualitas.
Sekolah  berkualitas yang dapat meluluskan peserta didik yang mampu mengembangkan bakat dan potensinya merupakan sekolah idaman bagi seluruh peserta didik di negeri ini. pengembangan potensi atau kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik penting untuk dilaksanakan. Sebagai mana Hordwar Gardner mengemukakan delapan kecerdasan yang harus dekembangakan oleh peserta didik diataranya ialah kecerdasan Ilinguistik, logical-matematik, musical, spatial, bodily kinesthetic, interpersonal,intrapersonal, dan naturalis. Sekolah yang baik setidaknya harus dapat mengembangkan delapan kecerdasan tersebut. Selain itu sekolah diharapkan dapat mengerti dan memahami potensi yang dimiliki peserta didik, sehingga dari sekolah itu dapat dengan mudah untuk mengembangkan bakat dan potensi dari peserta didik.
Potensi atau kecerdasan yang biasa dimiliki oleh perseta didik diataranya ialah kecerdasan linguistic atau kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik cerdas dalam berkata-kata efektif. Kecerdasan atau potensi tersebut mempunyai karakteristik, senang mendengar cerita, senang bercerita, permainan kata, seperti tebak kata/ teka-teki, peka terhadap suara dan arti kata-kata, dan  gemar membaca dan menulis. Untuk mengembagkan bakat tersebut sekolah diharapkan menyediakan fasilitas atau media pembeljaran yang mendukung, seperti mengadakan ekstrakulikuler kesenian contonhya penyanyi, Indonesia debat club,dan menyediakan alat siar radio serta perlombaan yang mendukung seperti lomba pidato, baca puisi dll.
            Pengembangan  potensi yang selanjutnya ialah kecerdasan ­logis- mathematic yang mana mempunyai karakteristik peserta didik gemar bereksperimen, pandai mengkategorikan sesuatu hal, senang melakukan pengukuran-pengukuran, senang menganalisa, memberikan penjelasan yang logis dan lain-lain. Untuk mengembangkan kecerdasan tersebut sekolah diharapkan menyediakan fasilitas atau media belajar seperti mengajarkan konsep matematika atau sain kepada peserta didik, memberikan laboratorium dimana konsep sain atau matematika digunakan, sering mengadakan kunjungan ke museum sain, planetarium, akuarium atau pusta lainnya. Kemudian kecerdasan yang selanjutnya visual-spasial dimana dari peserta didik memiliki kecerdasan tersebut dengan ciri-ciri karakteristik seperti peka dan cermat dalam mengamati suatu obyek, mampu berfikir dalam gambar, menemukan pemecahan masalah tanpa menuliskan sesuatu, mudah membayangkan bentuk-bentuk geometri atau bangun tiga dimensi, dan pandai mengarahkan diri dalam ruang secara tepat. Dengan ini sekolah untuk mengembangkan kecerdasan tersebut diharapkan mengadakan suatu program pembelajaran atau media belajar seperti mengadakan pelajaran melukis, mematung, menggambar, fotografi, video dan desain grafis.
            Selanjutanya ialah kecerdasan kinestetik  yaitu dapat mengeksspresikan gagasan dan perasaan dan menyelelesaikan problem. Dimana peserta didik yang memiliki kecerdasan tersebut mempunyaim karakteristik seperti cenderung bertubuh atletis, menguasai banyak ketrampilan fisik, memiliki keterampilan motoric halus dan kasar yang baik, merasakan dan mampu melakuakan bagaimana seharusnya tubuh membentuk, menggunakan tubuh untuk ekspresikan ide dan perasaan dll. Untuk mengembangkan potensi tersebut, diharapkan sekolah menyediakan ekstrakulikuler seperti tari dan ekstrakulikuler olahraga seperti sepak bola, voly, dan basket. Selain itu ekstrakulikuler bela diri sperti pencak silat atau karate itu penting untuk mengembangkan potensi dari peserta didik tersebut. Kecerdasan yang selanjutnya ialah kecerdasan music diamana seorang peserta didik memiliki karakteristik seperti mudah mengenali dan mengingat-nada-nada, cakap mentransformasikan kata-kata menjadi lagu, pitar melanturkan beat lagu dengan bagus, dan suka menggunakan kosa kata musical. Untuk mengembangkan potensi tersebut sekolah diharapkan menyediakan atau mengadakan ekstrakulikuler apresiasi music atau teori music, atau memberikan pelajaran program pelatihan music khusus seperti Kodaly, dan dalcroze dll.
            Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Peserta didik yang memiliki kecerdasan ini mempunyai karakteristik seperti pandai menjalin hubungan sosial, mampu mengetahui dan menggunakan berbagai cara saat berinteraksi, mampu merasakan perasaan, pikiran dan tingkah laku serta harapan orang lain dll. Untuk mengembangakan kecerdasan tersebut sekolah sebaiknya mengadakan kegiatan sosial dilingkungan sekitar, memberikan pelajaran tentang budaya dan adat istiadat di lingkungan sekitar. Kecerdasan yang harus diketahui oleh sekolah yang selanjunya ialah kecerdasan intrapersonal  yaitu keerdasan yang dimiliki peserta didik mampu untuk membuat persepsi yang akurat tentang diri  sendiri dan menggunakannya dalam mengarahkan kehidupannya sendiri. Kecerdasan tersdebut mempunyai karakteristik seperti memiliki kepekaan perasaan dan situasi yang tengah berlangsung, memahami diri memiliki citra diri yang positif, mampu berinstropeksi, mampu mengendalikan diri dalam situasi konflik dll. Untuk mengembangkan kecerdasan tersebut, sekolah seharusnya mengadakan tes yang dirancang untuk menilai kekuatan dan kelemahan khusus anda dalam berbagai bidang, mengadakan pelajaran tentang latihan bersikap tegas atau mengembangkan kepercayaan diri, dan mengadakan seminar yang dirancang untuk mengajar peserta didik mengenali dirinya sendiri. Dan kecerdasan peserta didik yang harus dikembangkan sekolah ialah kecerdasan naturalis yaitu kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam mengenali dan mengklasifikasikan tanaman, batu-batuan, binatang dimana kemampuan mengamati dan merasakan bentuk-bentuk dan menghubungkan elemen –elemen yang ada di alam. Kecerdasan tersebut mempunyai karakteristik seperti peserta didik memiliki keterkaitan yang besar pada dunia luar, berminat pada lingkungan. Untuk mengembangkan kecerdasan tersebut sekolah diharapkan mengadakan kunjungan ke tempat-tempat pemeliharaan binatang, tanaman, dan koleksi benda-benda alam serta sekolah dapat memberikan kesempatan ke peserta didik untuk bisa melakukan penaman dan memanfaatkan tumbuhan , binatang. Semua yang disebutkan diatas merupakan cara sekolah dalam meluluskan peserta didik yang berkualitas dengan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

            Selain itu sekolah harus mengetahui latar belakang pengetahuan dan taraf pengetahuan seperti dibawah ini:
1.      Cara belajar peserta didik
2.      Usia peserta didik
3.      Tingkat kematangan peserta didik
4.      Spectrum dan ruang lingkup minan
5.      Prestasi belajar
6.      Hambatan lingkungan dan kebudayaan. dll
            Dari sekian bayak kecerdasan atau potensi yang didmiliki peserta didik dan karakteristik dari masing-masing jenis potensi. Diharapkan sekolah yang ada di negeri ini dapat mengerti dan melaksanakan suatu program-program atau media belajar yang telah saya sebutkan diatas.

Label: | edit post
3 Responses
  1. jendela Says:

    sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet


  2. 918Kiss Says:

    wow i love t hat SO much... can mega888 bonus i cut and paste it into my blog but give u credit, of course


  3. SCR888 Cafe Says:

    Thanks for sharing your thoughts online gambling casino malaysia with us.. they are really interesting.. I would like to read more from you.


Posting Komentar